Ulama adalah pewaris para nabi. Para nabi telah mewariskan kepada mereka ilmu. Karenanya, yang lebih tahu tentang agama adalah ulama.

Ulama adalah tokoh sentral yang sangat berpengaruh terhadap masyarakat. Manakala, ulamanya baik maka masyarakatnya pun baik. Sebaliknya, jika ulamanya rusak maka masyarakatnya pun akan rusak. Karena itulah, ulama sangat urgen dalam masyarakat. Imam Al gazhali pernah berkata : Rusaknya masyarakat karena rusaknya penguasa dan rusaknya penguasa karena kerusakan ulama.

Beginilah yang terjadi saat ini. Karena ulama kebanyakan yang rusak, maka masyarakat pun menjadi rusak. Masyarakat banyak yang mabuk-mabukan, berzina dan lain-lai. Hal ini terjadi karena ulama tak lagi tegas terhadap penguasa. Bahkan, ada ulama yang memang telah menjadikan ilmunya sebagai barang dagangan yang dijual kepada pengusa. Ulama yang demikian adalah ulama su’ atau ulama yang sangat cinta akan dunia.

Menurut Imam Al gazhali juga, bahwa ulama itu ada 2 macam. Ada ulama akhirat dan ada pula ulama dunia. Ulama akhirat adalah ia yang memang ulama-ulama yang baik. Sedangkan, ulama dunia atau ulama su’, adalah ulama-ulama yang sangat mencintai dunia. Karena terlalu mencintai dunia, maka ia jual agamanya. Apa yang ia tahu tidak ia lakukan, hal yang demikian dilakukannya karena ia tidak takut kepada Allah swt. Padahal, sebagai seorang yang mempunyai banyak ilmu, seharusnya ia semakin banyak takutnya kepada Allah.
Rasulullah saw pernah bersabda:
“Ilmu bukan untuk tentang banyaknya menyampaikan hadits, tetapi tentang banyaknya rasa takut”

Namun, ulama saat ini nampaknya tak banyak lagi yang takut pada Allah. Kebanyakan mereka mungkin telah terjangkiti penyakit al wahan atau cinta dunia dan takut mati. Karena kecintaannya terhadap dunia yang begitu besar, ulama su ini tidak mau mengatakan kebenaran. Mereka lebih suka tunduk patuh terhadap berbagai kebijakan pemerintah yang zhalim. Bahkan, ada ulama dari mereka yang mengeluarkan fatwa nyeleneh untuk membenarkan semua kebijakan tersebut.

Meskipun banyak ulama su atau ulama yang sangat cinta dunia, pasti masih banyak pula ulama akhirat yang memang benar-benar memperjuangkan islam kaffah secara bersungguh-sungguh. Ulama yang seperti itu adalah ulama yang akan mengorbankan nyawa untuk meninggikan kalimatullah. Mereka ini bukanlah ulama yang menjadikan kalimat lailaillallah untuk mencari penghidupan. Melainkan mereka yang betul betul ulama yang terbaik.

Kita sebagai masyarakat tentu tak boleh ikut-ikutan dengan ulama su’ karena kita tahu bahwa ulama su’ ini hanya akan membuat kita sebagai muslim menjadi binasa dan hancur. Rasulullah saw pernah bersabda :
Kebinasaan bagi umatku datang dari ulama su’. Mereka menjadikan ilmu sebagai barang dagangan yang mereka jual kepada penguasa untuk mendapatkan keuntungan bagi diri mereka sendiri. Allah tidak akan memberikan keuntungan dalam perniagaan mereka.(HR AL HAKIM).

Posted from WordPress for Android

Iklan